Friday, November 8, 2013

Tips dan Trik Liburan Murah Ke Singapore, Ala Backpacker

Jika Anda ingin liburan ke Singapore ada beberapa alternatif transportasi, kalo dari daerah diluar Batam bisa mencari tiket penerbangan Promo Air Asia, kadang ada yang seharga Rp 50.000,- aja lho (tentunya masih ditambah pajak, dll), bisa persiapkan dari jauh-jauh hari tiketnya. Alternatif lain adalah menggunakan transportasi laut yaitu Ferry dari Batam. Di Batam sendiri terdapat beberapa pelabuhan Internasional yang dapat menghubungkan Batam-Singapore, antara lain Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Harbourbay, Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Marina, dan juga terdapat resort-resort yang mempunyai pelabuhan khusus untuk akses ke Singapore. Terdapat beberapa pilihan Ferry, bisa tanya-tanya yang lagi ada tiket promo. Pertama saya ke Singapore, saya dapet tiket promo “buy 2 get 1 free” dari Pinguin Verry, saya  juga pernah menggunakan tiket promo juga dari Prima Ferry 30 $sing (tiket PP + tax dari indo), jadi nanti disana tinggal bayar tax dari Singapore nya buat balik ke Indonesia sekitar 21$sing. Kebanyakan Ferry mereka punya paket PP (Pergi Pulang).

Terdapat beberapa hal yang perlu di persiapkan untuk Liburan Murah Ke Singapore Ala Backpacker, antara lain :
1.Transportasi menuju Singapore
Di dalam Ferry 
 akan lebih baik jika cari tau mana yang termurah. Pembelian tiket kapal Ferry dari Indonesia masih bisa menggunakan mata uang rupiah. Berikut beberapa alternatif Ferry dari Batam ke Singapore dan Sekitarnya (Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun) sekaligus jadwal keberangkatannya :
  1. Sindo Ferry
  2. Batam Fast
  3. Prima Ferry
IMG_9166 
Biar ngirit, lebih enak kalau balik hari (istilahnya orang Melayu), jadi pergi pake kapal paling pagi, pulang pake kapal paling malem. Paling malem kalo gak salah jam 21.30. Perlu diketahui bahwa jam di Singapore dimajukan 1 jam dari WIB.
2. Penukaran Dolar Sin
Persiapkan uang saku sebelum berangkat, penukaran uang bisa dilakukan di Indonesia, atau ketika sampai di Singapore. Di pelabuhan Harbourfront ada Money Changer yang rate nya bagus, begitu keluar dari pemeriksaan imigrasi ada counter Money Changer yang berada di depan tangga dekat toilet. Untuk saat ini, rate $sing sekitar Rp 8.900,-. Jika mau banyak belanja, ya tukarlah sesuai kebutuhan Anda, jika mau jalan-jalan dan foto-foto aja 1 jt sudah cukup (sudah termasuk tiket PP + tax + MRT + makan siang + sedikit belanja). Ketika tukar dolar, biasanya Money Changer kasih pecahan uang yang besar 50$sing, maka dari itu mintalah pecahan kecil juga, yang 10$, 5$. 2$ juga agak memudahkan transaksi Anda ketika belanja, beli camilan, beli minum, atau ke toilet umum.
3. Tujuan Wisata
Jika anda tidak menggunakan agen travel alias modal nekat, akan lebih baik jika sudah menentukan tujuan wisata yang akan dikunjungi di Singapore. Jika balik hari dan baru pertama ke Singapore, biasanya yang dituju adalah wisata-wisata yang terkenalnya yaitu icon-icon Singapore nya, rekomendasi saya berkunjunglah ke Merlion (Patung Singa, Marina Bay Sand, Jembatan Double Helix, dll), Orchard Rd (disini kalau mau belanja-belanja, ada Takashimaya, Ion Plaza, Nge Ann City dan juga terdapat barang-barang branded dunia disini kayak LV, Gucci, Giordano, Emporium Armani, dll. Pada bulan Agustus biasanya ada sale dalam rangka hari kemerdekaan Singapore. Tempat belanja murah bisa ditemui di Bugis Street (disini banyak juga penjual yang bisa bahasa Indonesia, banyak souvenir-souvenir yang dijual murah misal 10$ get 3), sama ke Sentosa Island (disana ada Universal Studio dan wahana-wahana dan Patung Singa yang besar, juga banyak spot-spot foto yang menarik). Untuk menuju Sentosa Island ini, dari lantai paling atas Vivo City Mall Anda menggunakan transportasi MRT atau bisa menggunakan gondola sekaligus melihat pemandangan kota Singapore.
IMG_9370 

4. Peta MRT
mrt
 larangan di MRT
Meskipun tidak lancar dalam penggunaan bahasa Inggris, di Singapore tetep bisa jalan kok, karena papan petunjuknya jelas dan diterjemahkan ke berbagai bahasa, disana juga banyak orang-orang Indonesia kok, jadi masih mudah untuk komunikasi. Untuk wisata murah, MRT jadi pilihan pertama nya. Jadi kita tinggal beli kartu MRT nya seharga 10$ (sudah berisi 7$ untuk biaya perjalanan), kartu ini bisa di beli di Harbourfront. Jika isi nya habis, bisa dilakukan reload di counter MRT atau bisa melalui ATM yang disediakan disana. Perhatikan jalur MRT yang ada menyesuaikan tujuan wisata. Untuk menuju stasiun MRT kita memang harus persiapkan energi karena mesti berjalan agak jauh, tapi jangan khawatir karena dalam perjalanan tersebut juga banyak spot yang menarik untuk foto. Misalnya mau ke Merlion, bisa turun di Stasiun Raffless. Begitu keluar dari Raffles maka cari Battrey Road untuk menuju Merlion, selama perjalanan Anda akan disuguhi gedung-gedung Bank bertingkat yang megah, Hotel One Foulletorn yang besar dan bagus untuk spot foto. Perlu diperhatikan bahwa di dalam MRT dilarang merokok, dilarang makan, dan dilarang membawa zat-zat yang mudah terbakar, jika melanggar maka dikenakan denda. Di dalam MRT juga disediakan kursi khusus untuk ibu hamil, orang cacat atau orangg lanjut usia.

 5. Tempat Makan
Jika Anda mencari tempat makan menu Indonesia, di Lucky Plaza yang terdapat di Orchard Road (seberang Ion Plaza) menyediakan restoran-restoran Indonesia, seperti restoran padang, ayam penyet ria, dan lain-lain. KFC juga menjadi alternatif untuk makan siang, tetapi jangan berharap ada nasi karena KFC Singapore hanya menyediakan kentang.

6. Tempat Sholat
Bagi Anda umat muslim, tempat sholat bisa dijumpai di Lucky Plaza lantai atas (parkiran atas), disana disediakan tempat untuk sholat. Selain itu juga terdapat masjid di daerah Little India.

 7. Penginapan
Menginap di Singapore memang agak mahal, saya pernah menginap di belakang Lucky Plaza rate nya sekitar 171$ akan tetapi bisa untuk 4 orang, bentuknya seperti flat yang disewakan. Atau jika mencari yang agak murah bisa di daerah Little India atau di Gelang.

 8. Es Krim 1$ yang WOW
IMG_9378 
Anda harus mencoba eskrim yang WOW ini, harganya hanya 1$ saja dan anda bisa merakasan kenikmatan makan eskrim potong ketika udara Singapore sangat panas. Es Krim ini banyak dijual di daerah Merlion dan juga di Orchard Road
Berikut perkiraan perincian biaya wajib yang diperlukan selama liburan singkat dan murah di Singapore (asumsi 1 $sin ~ Rp 8.900,-) =
Tiket kapal Ferry           = 30 $sin
Tax dari Singapore         = 21 $sin
MRT                             = 10 $sin
Makan                          = 10 $sin
Total                            = 71 $sin x Rp 8.900,- = Rp 631.900,-
Jika hendak belanja, tinggal anda lebihkan uang saku Anda.


total komentar : | apa komentar kamu ?

KOTAK KOMENTAR


No comments:

Post a Comment


DAFTAR GOSIP