Sunday, November 17, 2013

Museum Abstrak si Pria Jerman

Ketika singgah di Camelle, Spanyol, pengunjung akan terpesona dengan bongkahan patung-patung yang berserak. Letaknya persis di pinggir pantai, dibuat dengan bentuk abstrak dari material laut mulai kayu apung, batu dan bahkan bangkai hewan. 
Saking uniknya, lokasi ini diabadikan sebagai museum. Namanya, Museo de Aleman. Bukan hanya karena patung-patungnya yang bergaya abstrak, tapi juga berkat sejarah unik di belakangnya. Seluruh karya seni ini digubah oleh tangan Manfred Gnädinger, pria relijius yang dijuluki 'Man' dan tinggal di dekat Samudra Atlantik. Alkisah, dia hijrah ke Camelle sejak tahun 1960-an.
Seperti dikutip laman Altasobscura, dengan menyewa sebidang tanah, Man membangun kabin sebagai tempat tinggal. Sekelilingnya ditanami tumbuhan untuk dikonsumsi, ia adalah seorang vegetarian. Seiring waktu berjalan, kelakuan Man pun semakin aneh. Ia biarkan rambut dan janggut tumbuh panjang di wajahnya, tanpa peduli cuaca. Man hanya mengenakan secarik celana dalam untuk keluar rumah.
Mata pencahariannya pun unik. Tidak bekerja mencari nafkah, Man justru senang berenang di laut dan mencari benda-benda yang dapat dibentuk menjadi patung. Karya seni yang ia ciptakan mirip dengan karya Gaudi, sang arsitek Spanyol kenamaan, membuat para tetangga penasaran melihatnya. Tapi tak ada kata 'gratis', setiap pengunjung dipungut biaya sebesar  1€ , atau setara dengan Rp15 ribu.
Sayangnya pada tahun 2002, kapal tanker minyak bernama Prestige menubruk bibir pantai. Patung-patung Man pun terkena imbasnya. Sebagian hancur, namun sebagian tetap utuh. Bayangkan bagaimana sedihnya Man akibat bencana ini. Sebulan kemudian, Man menghembuskan nafas terakhirnya, tetangga pun dirundung duka. Banyak yang mengira bahwa Man berlarut-larut dalam kesedihan, hingga ia kehilangan semangat hidup. 
Man, si pria aneh dari Jerman, memang telah berpulang. Namun karya seninya masih bisa dinikmati hingga sekarang. 

http://life.viva.co.id/news/read/458803-museum-abstrak-si-pria-jerman


total komentar : | apa komentar kamu ?

KOTAK KOMENTAR


1 comment:

  1. babyliss nano titanium flat iron - Stainless steel at Home
    Buy babyliss nano titanium flat iron - Stainless 2018 ford fusion energi titanium steel at Home. titanium stronger than steel T-shirt titanium undertaker sizes, Size XS, XL. $19.99 citizen promaster titanium and other titanium chopsticks related items at a low price.

    ReplyDelete


DAFTAR GOSIP