Sunday, November 17, 2013

Menyambangi 'Kerajaan Laut' Kepulauan Togean

Indonesia ibarat surga bagi para penyelam. Kehidupan bawah lautnya memesona. Seakan gugus kepulauan yang menjuntai dari Sabang hingga Merauke membawahi ‘kerajaan laut’ masing-masing. Salah satunya, Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah.
Ya, keindahan alam bawah laut di Sulawesi tak hanya terkumpul di Bunaken. Di sebuah teluk bernama Tomini, ada pulau-pulau kecil yang melintang. Itu dinamakan Kepulauan Togean.
Dan perairan di sekitarnya disebut Taman Laut Togean. Taman laut itu terdiri atas enam pulau besar dan 60 pulau-pulau kecil. Yang tersohor adalah Pulau Malenge, Pulau Una Una, Batudaka, Talatakoh, Waleakodi, dan Pulau Waleabahi.
Di bawah pulau-pulau itulah, sebuah ‘kerajaan laut’ hidup tentram bersama keanekaragaman biota di dalamnya.
Bayangkan saja, sekitar 132 ribu hektar terumbu karang berkerumun mendandani air laut. Memang, Taman Laut Togean merupakan kekayaan bahari dengan koleksi terumbu karang terluas di Indonesia.
Binatang laut yang hidup, tak kalah kaya. Ada sekitar 596 jenis ikan dan 555 jenis moluska. Bahkan, ada 35 spesies ikan kupu-kupu. Itu artinya, terumbu karang di sana masih sangat alami dan sehat.
Di ‘kerajaan’ itu, juga terdapat titik favorit para penyelam. Titik itu terbentuk akibat aktivitas vulkanis yang membuat Togean dipadati formasi bukit karang selayak benteng dan dinding laut.
Titik lain yang tak kalah unik, adalah tempat terpendamnya bangkai pesawat Pembon B 24. Konon, pesawat itu tenggelam pada era Perang Dunia II. Para penyelam banyak yang mengabadikan kedua titik itu dengan kamera bawah laut.
Tak hanya itu, di atas air pemandangannya pun tak kalah menakjubkan. Udaranya sejuk, aroma hutan mangrove tercium bebas. Mengutip laman Indonesia Travel, di tepian pantainya juga menghampar rerumputan selayak karpet hijau.
Itu menjadi makanan favorit mamalia laut yang sering disebut dugong. Binatang langka seperti penyu hijau dan penyu sisik pun, sering terlihat mengarungi perairan di sekitar pantai. 

http://life.viva.co.id/news/read/458807-menyambangi--kerajaan-laut--kepulauan-togean


total komentar : | apa komentar kamu ?

KOTAK KOMENTAR


No comments:

Post a Comment


DAFTAR GOSIP