Sunday, November 17, 2013

WISATA TEMBOK BESAR Ala Indonesia (BAGUS BANGET ALAM NYA DAN KULINERNYA)

China boleh punya tembok besar yang membentang sepanjang lebih dari 8.000 km, tapi Indonesia juga tidak mau kalah. Kendati tidak sebesar dan sepanjang di China, Indonesia juga punya tembok besar. Letaknya di antara Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi di Sumatera Barat, berupa jembatan sepanjang 1,7 km yang disebut Janjang Koto Gadang. 
Jembatan tembok itu menghubungkan dua kota terpisah dan menyajikan pemandangan alam spektakuler berupa hutan tropis serta jurang yang menukik tajam. Adapun nama Koto Gadang diambil dari sebuah nagari (desa) yang berada di bawah kawasan Kabupaten Agam.
Desain jembatan ini dibuat mirip dengan The Great Wall of China, namun dalam versi yang lebih kecil. Kira-kira butuh 1.000 langkah dari Lubang Jepang di Bukittinggi menuju Koto Gadang di Agam. Jika lelah, berhentilah sejenak di tengah jembatan, rasakan sejuknya angin berhembus.
Butuh waktu 20 menit bagi yang bersemangat berjalan sampai ke tujuan, namun bagi yang tertatih-tatih bisa menghabiskan waktu 1,5 jam. Kelelahan kaki akan terbayar setelah mata menyaksikan keindahan alam dari sini.
Janjang Koto Gadang menjanjikan pemandangan yang menakjubkan dari Ngarai Sihanok. Ini adalah sebuah lembah yang indah, hijau dan subur. Di bawahnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku. Dipandang dari ketinggian 200 meter, menjadi sajian mata yang mengagumkan.
Ingin kesana? Jembatan ini terletak 90 kilometer di sebelah utara kota Padang. Butuh tiga jam untuk mencapainya. Jangan khawatir, jalanan sudah diaspal rapi walaupun berliku-liku. Janjang Koto Gadang ini menjadi kebanggaan masyarakat Minang. Tembok tersebut adalah ikon pariwisata Sumatera Barat selain rumah gadang dan jam gadang

http://life.viva.co.id/news/read/458898-janjang-koto-gadang--tembok-besar-ala-indonesia


total komentar : | apa komentar kamu ?

KOTAK KOMENTAR


No comments:

Post a Comment


DAFTAR GOSIP