Monday, November 11, 2013

Destinasi Sawarna yang Menakjubkan

Desa Sarwana merupakan tujuan pertama 7 wonders versi Daihatsu Indonesia. Konvoi 7 mobil Terios dilepas secara resmi di VLC Daihatsu Sunter. DAn tempat pertama yang akan dijunjungi adalah desa Sawarna.
Desa Sarwana merupakan hidden paradise yang terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Dikatakan sebagai hidden paradise, karena belum tereksplorasi dengan baik ditambah jalan menuju lokasi berliku-liku dan naik turun.

Desa Sawarna merupakan tujuan pertama 7 wonders versi Daihatsu Indonesia. Konvoi 7 mobil Terios dilepas secara resmi di VLC Daihatsu Sunter. Desa Sawarna merupakan hidden paradise yang terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Dikatakan sebagai hidden paradise, karena belum tereksplorasi dengan baik ditambah jalan menuju lokasi berliku-liku dan naik turun. Jarak tempuh sekitar 2 jam jika dari Pelabuhan Ratu. Desa Sawarna sebenarnya tidak kalah pesona keindahan alamnya dengan pantai lainnya seperti Pangandaran dan Pelabuhan Ratu. Karena itu, tim ekspedisi 7 wonders versi Daihatsu Indonesia konvoi ke Pantai Sawarna sebagai tujuan awal.



Selamat Datang di Desa Sawarna


Gapura Selamat Datang
Spanduk bertuliskan “Selamat Datang Di Kawasan Wisata Ramah lingkungan Desa Sawarna” menjadi pembuka awal bagi para penjelajah. Sebelumnya, untuk masuk ke Desa Sawarna melewati sebuah jembatan gantung (titi gantung) yang dibawahnya mengalir sungai berair keruh. 
 Jembatan dengan panjang 60 meter dan lebar kira-kira 1.5 meter menjadi jalan satu-satunya dilalui oleh warga dan pengunjung. Sehingga seringkali menunggu antrian agar dapat masuk dan keluar dari desa Sawarna.
Tiga tahun yang lalu, seperti yang diceritakan oleh Bambang yang tergabung dalam tim penjelajah 7 Wonders Daihatsu versi Indonesia dalam blognya Simplyindonesia@wordpress.com, Desa Sawarna tidak banyak yang berubah. Jembatan gantung itu masih seperti sedia kala, dengan kawat baja sebagai penahan jembatan akan bergoyang ketika ada yang melintasinya. Sedikit menakutkan memang, namun itulah salah satu tantangan bagi penjelajah yang sangat ingin melihat lebih jauh eksotisme Desa Sawarna dengan beberapa lokasi wisata. Disarankan untuk hati-hati bagi para penjelajah yang akan melintas karena pengaman jembatan ala kadarnya.
Jembatan gantung

Plank Destinasi
Tepat diujung jembatan dibuat oleh masyarakat sebuah papan bertuliskan destinasi yang ingin dikunjungi para penjelajah. Diantaranya ada :

1. Legon Pari 3 Km

2. Tanjung Layar 1.9 Km

3. Pasir Putih 0.8 Km

4. Goa Lalay 2 Km

5. Goa langir 1.4 Km


Pantai Ciantir sebagai Kunjungan 7 Wonders

Perjalanan menuju Pantai Ciantir ditempuh sekitar 20 menit dari Desa Sawarna dihitung ketika lewat dari gapura ‘Selamat Datang’. Sepanjang jalan, akan disuguhi seperti layaknya tempat wisata pantai lainnya yaitu penginapan dan resort. Geliat bisnis penginapan dan resort semakin tumbuh seiring dengan tereksplorasinya wisata di Desa Sawarna. Namun, dibalik itu sisi negatif seperti kebersihan lokasi wisata semakin tidak terjamin jika tidak dibarengi dengan peraturan yang ketat bagi masyarakat maupun pengunjung. Selain disuguhi pemandangan penginapan dan resort, pengunjung juga disuguhkan pemandangan persawahan dan kebun kepala.
Resort
Penginapan di persawahan
Kemudian sampailah pada destinasi pertama Pantai Ciantir. Pantai Ciantir merupakan pantai terdekat diantara lainnya. Sekitar 20 menit dengan berjalan kaki, sudah dapat menikmati indahnya pantai dengan sajian pasir putihnya. Yah, pantai Ciantir terkenal dengan pasir putih yang terhampar sepanjang pantai.
Hamparan Pasir Pantai Ciantir
Bagi anda yang gemar bermain pasir inilah tempat yang cocok bagi anda menghabiskan liburan sambil menikmati pemandangan luasnya lautan. Ombak juga tidak kalah menarik. Bagi pecinta surfer dapat menakhlukan ombak yang cukup kuat seperti ombak di Pantai Selatan. Oleh karena itu, disarankan bagi pemula untuk tidak berlatih surfer di spot ini.
Tempat surfer bermula ada di arah timur bagian yang berkarang. Ombaknya cocok bagi surfer pemula untuk melatih dalam berselancar. Ombak yang cukup kuat dan tidak terlalu besar menunggu datangnya peselancar pemula untuk menakhlukan ketakutan dan menguji keberanian. Disini juga merupakan tempat favorit bagi surfer lokal.
Surfer
 
Spot lain yang tidak kalah menarik dengan tebangnya burung cemara diatas deburan ombak pantai Ciantir. Kehadiran burung cemara tersebut menambah eksotis pemandangan Pantai Ciantir. Dan Sunset akan menutup eksotisme pantai Ciantir.
Burung terbang di atas ombak
Sunset Pantai Ciantir http://heddysafriyanto.blogspot.com/2013/11/destinasi-sarwana-yang-menakjubkan.html




total komentar : | apa komentar kamu ?

KOTAK KOMENTAR


No comments:

Post a Comment


DAFTAR GOSIP