Sunday, November 10, 2013

Tradisi Unik di Dunia, dari Lucu Sampai Menyeramkan!


Kita berlibur ke suatu destinasi tak hanya karena alamnya indah. Tradisi yang menarik macam Royal Wedding Yogya, juga menjadi nilai tambah. Tradisi unik dari yang lucu sampai seram menjadi alasan turis untuk datang.

Adat dan kebiasaan yang berbeda di setiap destinasi, justru menjadi pesona tersendiri untuk wisatawan. Tradisi unik merupakan daya tarik traveler untuk datang ke suatu Papua, Himalaya atau Prancis.

Indonesia sebagai negeri yang kaya budaya, juga banyak tempat lain di dunia, menarik wisatawan karena sejumlah adat, tradisi dan kebiasaan yang unik dan berbeda dengan tradisi di tempat asal wisatawan. Merasakan perbedaaan itu merupakan pengalaman berharga untuk wisatawan.

Travel Highlight Tradisi Unik ingin mengangkat sejumlah potensi wisata di dalam dan luar negeri berupa tradisi yang khas dan menarik. Tradisi unik ini sangat beragam mulai dari kelahiran, kematian, anak beranjak dewasa, pernikahan, aspek religi dan lain-lainnya.

Tradisi lompat batu Nias, upacara Ngaben, dan tato Dayak misalnya, adalah tradisi unik khas Indonesia yang sudah dikenal wisatawan dunia. Namun survei yang digelar detikTravel pun menunjukan sejumlah tradisi lain yang menjadi favorit wisatawan domestik seperti tradisi mudik dan pemakaman Toraja.
Tradisi Suku Kamoro, Papua membuat Tifa

Spanyol punya tradisi adu banteng lawan matador, Indonesia punya adu kerbau Mapasilaga Tedong di Toraja dan adu domba di Garut. Ketika traveler jalan-jalan pada saat malam Tahun Baru, kebiasaan masyarakat di berbagai negara pun berbeda-beda serunya. Jangan cuma diam, berbaurlah dengan masyarakat lokal.

Berkomunikasi langsung dengan masyarakat setempat adalah cara terbaik untuk menikmati tradisi unik mereka. Lihat dan rasakan bagaimana mereka menyambut hari ulang tahun di China dengan makan mie panjang umur, menari Dabke di Libanon saat ada pernikahan atau bagaimana mereka menggeletakan mayat begitu saja di Kuburan Trunyan, Bali. Jangan seram, ya!

Ssst, ada juga tradisi yang unik seperti berbagi suami di Nepal, atau juga tradisi di sejumlah etnis di dunia untuk tampil cantik seperti memakai kalung leher bagi masyarakat Karen di Thailand.

Tradisi menarik cincin dari kue pernikahan di Peru atau melempar makanan saat Tahun Baru di Denmark, mungkin dirasakan lucu untuk wisatawan. Di sisi lain, tradisi lempar bayi di India dan memakai sarung tangan berisi semut di Amazon, Brasil bisa membuat wisatawan deg-degan dan merasa seram.

Masih banyak lagi aneka tradisi unik di dunia yang menarik untuk wisatawan dan tidak bisa disebutkan satu persatu. Tapi, ada satu kesimpulan yang menarik dari people to people contact antara wisatawan dan masyarakat lokal pemilik tradisi unik itu.

Perbedaan tradisi dan budaya di antara umat manusia, justru menjadi alasan wisatawan rela traveling ribuan kilometer ke tempat itu dan pariwisata pun berkembang. Kontak peradaban terjadi lewat pariwisata ketika traveler berkenalan dengan tradisi unik masyarakat setempat. Indah, bukan

http://travel.detik.com/read/2013/10/24/072021/2393977/1382/tradisi-unik-di-dunia-dari-lucu-sampai-menyeramkan


total komentar : | apa komentar kamu ?

KOTAK KOMENTAR


No comments:

Post a Comment


DAFTAR GOSIP