Friday, November 8, 2013

Ini Makanan Favorit di Taiwan, Korea dan Thailand, Yummy...

jalan jalan kulinerApa itu jalan-jalan kuliner? Ada yang bilang, kebudayaan sebuah negara dapat dikenal melalui makanan yang disajikannya. Rasanya tidak sah jika kamu melewatkan kesempatan untuk mampir di warung pinggir jalan yang dipenuhi warga lokal untuk sekedar mencicipi makanan yang disajikan. Seperti turis asing yang terkesan dengan sate madura atau nasi goreng, kamu juga mungkin akan terkesan dengan tempat jalan jalan kuliner di negara Asia lainnya seperti lezatnya chili crab di Singapura, nasi lemak di Kuala Lumpur atau laksa di Penang.
Memang, untuk jajanan, negara-negara Asia menawarkan jalan jalan kuliner dengan ragam dan rasa yang lebih beraneka bila dibandingkan dengan berbagai negara di belahan dunia lainnya. Sebagai tempat asal macam-macam rempah, kuliner dengan rasa manis, asin, pedas, asam atau bahkan kombinasi telah menjadi sajian sehari-hari masyarakat Asia. Namanya juga jajanan, paling enak memang disantap di kios-kios kecil di pinggir jalan bersama warga lokal. Trik untuk mencari tempat jalan jalan kuliner yang lezat dan cukup sederhana: kamu lihat kemana warga lokal berkerumun, disitulah biasanya pedagang makanan yang enak menurut standar lokal berada.



Nah, untuk sekadar mengingatkan kembali ragam makanan khas Asia, mari kita tengok beberapa makanan khas di beberapa negara yang, tentu saja, wajib kamu cicipi.

Tempat jalan jalan kuliner di Vietnam

Pho
Sajian mie berwarna putih yang dibuat dari beras ini kerap disajikan bersama irisan daging atau bakso. Dengan kuah kaldu yang kental dan beragam bumbu penyedap, mulai dari daun wansui hingga cabai iris, makanan yang mirip dengan bakso kuah ini dapat kamu jumpai dengan mudah di seluruh penjuru Vietnam.
Banh xeo
jalan jalan kuliner
Dadar asal Vietnam ini adalah salah satu hidangan favorit di Hanoi. Adonan telur dan terigu yang diolah hingga garing menyerupai crepes diisi dengan beraneka irisan sayuran seperti toge, wortel, rebung, lobak dan daun mint serta irisan daging atau udang udang. Untuk menambah cita rasa, kuah asam atau nuoc cham dapat menjadi saus pelengkap penambah selera.
Chả giò
Kamu yang gemar makan lumpia pasti pernah mencicipi makanan yang satu ini. Hidangan favorit khas Vietnam ini berupa irisan daging atau udang dan sayuran, dibungkus dengan kulit pangsit yang terbuat dari beras bersama bihun, digoreng hingga kecoklatan, dan disajikan dengan kuah asam yang diberi irisan cabai rawit dan irisan daun seledri. Kamu juga dapat mengonsumsinya mentah tanpa digoreng untuk rasa yang lebih segar.
Bánh chuối
jalan jalan kulinerKue dengan bahan baku utama pisang ini dapat dikategorikan sebagai desert ala Vietnam. Pisang yang telah matang dimasukan ke dalam adonan santan, roti, telur, vanilla dan mentega. Kadang potongan kentang dimasukan untuk lebih memadatkan isi. Adonan kemudian dipanggang dalam oven hingga berwarna kecoklatan dan siap disajikan sebagai teman minum kopi.

Tempat jalan jalan kuliner di Taiwan

ô-á-chian
jalan jalan kulinerSalah satu hidangan favorit Taiwan ini cocok untuk menjadi pengisi perut setiap saat. Bahan baku utama telur yang telah dikocok bersama kerang kecil kemudian digoreng menjadi semacam omelette dengan warna kuning yang segar. Setelah masak, adonan saus asam pedas dituang untuk menambah cita rasa. Kamu dapat mengganti kerang dengan udang.
chòu dòufǔ
Walaupun tahu adalah salah satu hidangan favorit yang banyak dijumpai di berbagai negara Asia, namun hanya di tempat jalan jalan kuliner seperti pasar malam di Taiwan dan Hong-Kong-lah kamu dapat mencicipi sajian ini. Tahu busuk, demikian istilah ini disebut dalam bahasa Indonesia, disajikan dengan cara digoreng atau dibakar dan dimakan dengan saus khusus yang terbuat dari darah bebek. Ada yang bilang, semakin busuk baunya, maka semakin lezat rasanya. Mau coba?
Ba-wan
jalan jalan kuliner
Hidangan semacam dim sum ini terbuat dari adonan kulit yang terbuat dari tepung beras, jagung, dan kentang yang kemudian diisi dengan daging, rebung, dan jamur shiitake yang telah dicincang. Ba-wan dibentuk persegi empat kemudian dikukus atau digoreng hingga garing sesuai selera. Setelah matang kamu dapat menyantapnya dengan saus asam manis.
Pearl Tea
Minuman yang biasa disajikan dingin ini adalah salah satu pelepas dahaga favorit di Taiwan. ‘mutiara’ dengan rasa bermacam-macam yang terbuat dari sejenis agar-agar memberikan sensasi tersendiri ketika dicampur dengan teh susu yang manis. Karena pamornya, minuman kebanggaan Taiwan ini menjadi populer tidak hanya di Negara-negara tetangga seperti Jepang dan Hongkong tetapi juga sudah sampai ke tanah air.

Tempat jalan jalan kuliner di Korea Selatan

Tteokbokki
jalan jalan kulinerMakanan ini adalah salah satu jajanan favorit di tempat jalan jalan kuliner Seoul sehingga terkadang harus mengantri. Tteokbokki yang dahulu merupakan hidangan keluarga kerajaan sebenarnya adalah kue beras berbentuk panjang dan lonjong dan direbus dalam kuah kental yang panas dan pedas berwarna kecoklatan. Kamu dapat menyantapnya langsung dengan taburan wijen atau menambahkan lauk sesuai selera berupa potongan ikan, daging, jamur atau telur.
Muno & Uchingo
Hidangan laut sangat digemari di Korea Selatan dan muno (gurita) serta uchingo (cumi-cumi) adalah dua cemilan favorit yang harus Anda cicipi. Kaki-kaki atau tentakel gurita yang digoreng hingga garing dan potongan uchingo yang gurih sangat mudah ditemukan diberbagai tempat. Kamu dapat menyantapnya langsung sambil menikmati indahnya Seoul di sore hari.
Hwajeon
jalan jalan kuliner
Pancake yang satu ini juga wajib kamu cicipi pada saat jalan jalan kuliner. Berbentuk bulat, kue ini terlihat cantik karena dihiasi kelopak bunga krisan atau azalea yang memang dapat dikonsumsi. Rasanya yang manis karena dan bentuknya yang unik membuat penganan ini menjadi salah satu makanan favorit di Seoul.

  Tempat jalan jalan kuliner di Thailand
Khao Pat
jalan jalan kulinerRasa yang berani ditawarkan oleh nasi goreng ala Thailand ini. Dengan menggunakan bumbu yang lebih kaya rasa, khao pat banyak disukai karena rasanya yang unik dan penyajiannya yang menarik. Pesan saja Khao Pat Sapparot dan kamu akan terkejut dengan nasi goreng yang disajikan di dalam buah nanas utuh!
Khao Soi
Kari memang masakan asal India, tetapi kawasan Thailand Utara menyempurnakannya menjadi hidangan kaya rasa yang sayang untuk dilewatkan. Khao Soi adalah hidangan mie dengan kuah kari yang beraroma rempah. Kamu dapat memilih kuah yang mengandung santan atau kaldu yang gurih di lidah. Setelah menambahkan penyedap sesuai selera Kamu pun akan merasakan sensasi lezatnya makanan yang banyak ditemukan di tempat jalan jalan kuliner di Chiang Mai ini.
Pad Thai
jalan jalan kulinerSajian mirip dengan kwetiaw goreng ini sangat digemari di Thailand. Menggunakan mie beras dan disajikan bersama irisan daging sapi atau seafood, kemudian ditaburi kacang yang sudah digerus dan toge, pad thai yang kaya rasa telah menjadi makanan wajib ketika jalan jalan kuliner ke Bangkok.
Tom Yam Goong
Sup asam pedas yang satu ini selalu membuat kangen. Dengan isi hidangan laut seperti udang dan cumi, dan dilengkapi dengan irisan jamur, tom yam guung menjadi hidangan penyegar yang pas setelah seharian lelah berwisata. Biasa disajikan hangat, lengkap dengan bumbu penyedap seperti daun ketumbar dan cabai bubuk, sup yang juga digemari masyarakat Laos ini wajib kamu cicipi!
Untuk mencari paket liburan murah, dapat menghubungi Valadoo.com untuk mendapatkan alternatif liburan yang lengkap.

http://jelajah.valadoo.com/activities/culinary-1/jalan-jalan-kuliner-di-asia


total komentar : | apa komentar kamu ?

KOTAK KOMENTAR


No comments:

Post a Comment


DAFTAR GOSIP