Thursday, November 7, 2013

CALANG : Kota Pantai Indah - Bekas Tsunami Aceh

lageuen-8Calang. Ibukota Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi  Aceh ini merupakan salah satu kawasan di pesisir barat Aceh yang mengalami kerusakan terparah saat tsunami menerjang 2004 silam. Terletak berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, Calang memiliki pantai dengan keindahan alam yang luar biasa.Meski pernah luluh lantak akibat tsunami,  namun kota Calang masih memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan. Hal itu disebabkan karena daerah ini pada umumnya merupakan dearah berteluk yang dihiasi bukit kecil, pulau-pulau serta pantainya yang masih alami.
Di sini dengan mudah anda dapat menemukan tempat penyelaman yang sangat bagus karena lautnya yang masih sangat terjaga, bagi anda yang suka menyelam.
Banyak hal yang dapat anda  temukan di Calang. Salah satunya yang menarik mungkin dengan banyaknya pulau-pulau kecil yang terhampar di sekitar kota Calang dan pulau itu masih sangat terjaga keasriannya dan menghijau di tengah birunya laut. jika Indonesia mempunyai Raja Ampat sebagai surga bagi para menyelam yang luar biasa, maka Aceh punya Calang yang mempesona dengan alam dan laut nya.
Saat ini, kota calang tengah berbenah diri membangun sektor wisata dan perdagangannya pascatsunami. Apalagi Kota Calang sekarang sangat mudah di tempuh karena telah siapnya transfortasi jalan yang sangat memadai. Untuk sampai ke Calang, anda dapat menempuh jalur darat sekitar dua jam dari Banda Aceh atau sekitar satu setengah jam dari Meulaboh.
Tiba di Calang, anda tidak perlu bingung mencari tempat penginapan maupun aneka kuliner. Karena kota in juga menyediakan fasilitas penginapan berupa hotel yang memadai bagi anda yang ingin berlama-lama menikmati kota Calang. Untuk masalah kuliner, anda yang ingin berkunjung tidak perlu cemas, karena di daerah ini banyak sekali rumah makan yang view-nya menghadap ke laut lepas dan tentunya menyajikan berbagai makanan khas (seafood) dengan bahan dasar ikan segar yang langsung dapat dinikmati. Ikan-ikan segar ini langsung di dapatkan dari masyarakat sekitar, karena Calang memang terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah.
Disini, anda juga bisa menemukan makanan yang sangat khas dan terkenal karena kelezatannya, yaitu mie patek. mie yang bahan dasarnya adalah mie kuning ini di campur dengan bumbu khas di tambah dengan daging, cumi, udang atau jamur. Mie yang satu ini cukup membuat lidah kita bergoyang apalagi di tambah suasana yang tenang dan berhadapan dengan laut lepas.
Tidak hanya wisata yang berkaitan dengan alam, Calang juga punya tempat wisata yang berkaitan dengan bencana Tsunami 2004 silam, seperti halnya kota Banda Aceh. Calang juga memiliki Situs Kuburan Massal, Museum, taman edukasi dan gedung penyelamatan Tsunami (Escape building). Dari atas gedung penyelamatan ini, pengunjung dapat melihat dengan jelas pemandangan Calang yang sangat indah dan mengagumkan.

Pantai Lageun ini berada di pinggir jalan yang menghubungkan Meulaboh-Calang-Banda Aceh. Jalan beraspal mulus dan lebar ini dibangun berkat bantuan rakyat Amerika pasca tsunami tahun 2004 silam yang selain  mempermudah kembali arus transportasi antar kabupaten di pesisir barat juga mengekspos kecantikan Lageun di kabupaten Aceh Jaya.
Untuk mencapai pantai ini dapat ditempuh dengan sepeda motor atau mobil kurang lebih 2 jam dari kota Banda Aceh atau 1,5 jam dari kota Meulaboh. Tidak ada yang berjualan di areal pantai dan sangat sepi jika didatangi pada hari selain akhir minggu.
Aku lebih senang berada di pantai ini ketika sepi, menikmati tiupan angin sepoi sambil membenamkan kaki ke dalam pasir kasar berwarna kemerahan dan membiarkannya menggelitik telapak kaki. Kerisik daun jarum cemara laut berkaloborasi dengan deburan ombak membuatku sejenak lupa pada teriknya matahari yang membakar. Ah, enaknya kalau pantai ini punya sendiri.
lageuen-7

Di Calang kita dengan sangat mudah dapat menemukan tempat-tempat yang eksotis, dikarenakan kawasan ini merupakan daerah perpaduan antara laut yang masih alami, gunung dan bukit yang menghijau, pantai, muara, rawa, serta hutan bakau. Apabila anda melewati jalan lintas barat-selatan Aceh, jangan lewatkan diri anda untuk mengunjungi dan singgah sejenak di kota Calang
 photo 2013-02-041113_zps97973e6f.jpg

 photo 2013-02-041119_zpsdfac3430.jpg

 photo 2013-02-0411_zps6e5a9178.jpg

 photo dd_zps5aba4000.jpg


total komentar : | apa komentar kamu ?

KOTAK KOMENTAR


No comments:

Post a Comment


DAFTAR GOSIP